Perbedaan Fitur Windows 10 Home dan Pro
Aplikasi, Komputer, Windows

Perbedaan Fitur Windows 10 Home dan Pro

Tahukah kamu kalau Windows 10 itu punya beberapa versi yang bisa kalian pakai, versi nya antara lain Home, Pro, Education serta Enterprise. Tapi biasanya Windows 10 versi Home dan Pro menjadi pilihan yang paling banyak digunakan dari keempat versi yang lain.

Terdapat pertanyaan besar yang sering membuat pengguna Windows 10 bertanya-tanya, mau Install Windows versi Home ataukah versi Pro ya?

Maka dari itu, Bronice akan mencoba menjelaskan sedikit komparasi atau perbandingan fitur dari Windows versi Home dengan Pro untuk jadi bahan pertimbangan kalian, sebelum memilih salah satu.

Perbandingan Fitur

Berkut tabel perbandingan fitur Windows 10 versi Home dengan Pro:

FiturHomePro
Windows Hello AdaAda
Cortana AdaAda
Programs outside the Windows Store AdaAda
Windows start menuAdaAda
Windows Ink Ada Ada
Windows Store Apps Ada Ada
Remote Desktop TidakAda
Windows Update for Business TidakAda
BitLocker Tidak Ada
Assigned Access TidakAda
Hyper-V TidakAda
Enterprise Data Protection TidakAda

Berdasar tabel perbandingan fitur di atas, paling tidak kita bisa lihat ada enam fitur menjadi pembeda antara Windows 10 versi Home dengan versi Pro.

Keenam fitur itu yaitu Windows Update for Business, Remote Dekstop, BitLocker, Assigned Access, Hyper-V serta Enterprise Data Protection.

Keenam perbedan fitur tersebut akan Bronice bahas lebih lanjut di artikel ini.

Fitur Dari Windows 10 Pro

Apa itu Windows Update for Business?

Windows Update for Bussiness merupakan fitur untuk memudahkan para profesional di dunia IT agar bisa memanfaatkan layanan Pembaruan Windows berbasis Cloud.

Yang menarik adalah fitur ini memberi kalian keleluasaan dalam waktu update, serta memungkinkan kita untuk mengatur penundaan update hingga 35 hari ke depan.

Apa itu Remote Dekstop?

Remote Dekstop merupakan fitur Windows 10 Pro yang bisa membantu kamu untuk bisa tetap terkoneksi dengan komputer kamu dari jarak jauh. Fitur ini biasanya digunakan oleh para profesional dalam dunia IT.

Dengan fitur ini kamu juga bisa mengontrol PC atau Laptopmu hanya dengan menggunakan Android atau Smartphone.

Apa itu BitLocker?

BitLocker adalah fitur untuk membantu mengamankan data kamu. BitLocker sendiri digunakan untuk mengenkripsi atau mengkunci drive atau data di PC menggunakan enkripsi Advanced Encryption Standard (AES) agar tidak bisa diakses orang lain kecuali kamu.

Fitur ini cocok digunakan untuk perusahaan atau pekerja IT profesional yang biasanya ingin data atau file mereka tetap aman dan terjaga.

Apa itu Assigned Access?

Assigned Access adalah fitur untuk membatasi pengguna tertentu dalam mengakses apa yang ada di komputer kamu.

Contohnya kalau ada teman mau pinjam komputer kamu, kamu bisa membuat akun baru dan diatur hanya bisa mengakses beberapa aplikasi saja dalam komputermu alias terbatas aksesnya.

Jadi komputermu bisa aman dari tangan-tangan jahil pengutak atik komputermu.

Apa itu Hyper-V?

Hyper-V adalah fitur untuk membantu kamu membuat Virtual OS di dalam Windows 10 kamu tanpa perlu software atau hardware tambahan. Artinya kamu bisa membuat mesin virtual tersembunyi dalam Windows kamu alias berbagi sistem operasi untuk 1 hardware.

Buat kamu yang menggunakan komputer cuma untuk kegiatan harian saja, fitur ini tidak kamu butuhkan. Karena fitur ini biasanya dipakai oleh perusahaan atau pekerja IT profesional.

Apa itu Enterprise Data Protection?

Enterprise Data Protections adalah fitur untuk memastikan data penting dalam komputer kamu tidak jatuh ke tangan yang salah. Data dalam komputer pun dienkripsi atau dikunci dalam fitur ini sehingga jika diretas maka data tidak bisa terbaca.

Fitur ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan atau para profesional di bidang IT untuk mengamankan data komputer mereka.

Jadi Pilih Mana?

Sebenarnya, semua versi Windows 10 itu mempunyai fitur utama sama, keduanya hanya berbeda pada beberapa fitur tambahan yang ada disetiap versinya.

Dari keenam fitur tambahan yang sudah dijelaskan di atas pun, tidak semuanya penting buat kalian jika seorang pengguna komputer rumahan atau hanya untuk aktifikas biasa.

Satu-satunya fitur yang lumayan bisa bermanfaat buat kalian mungkin adalah fitur Assigned Access, untuk membatasi akses orang yang meminjam komputermu.

Jadi misal kalian hanya menggunakan komputer atau laptop untuk aktifitas harian biasa saja, maka memakai Windows 10 versi Home sudah sangat lumayan untuk membantu aktivitas sehari-hari kalian dengan komputermu.

Tetapi kalau komputer atau laptop kamu sering berpindah-pindah atau dipinjam dan ada data penting yang kamu sendiri takut dihapus atau diutak atik oleh orang lain, maka Windows 10 Pro bisa jadi pilihan yang cocok karena punya fitur keamanan seperti Assigned Access, BitLocker dan Enterprise Data Protections.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *