Cara Memperbaiki Kartu Memori SD Card Yang Rusak
Android, Komputer, Teknologi, Tutorial

Cara Memperbaiki Kartu Memori SD Card Yang Rusak

Cara Memperbaiki Kartu Memori SD Card Yang Rusak di HP dan PC – Kartu Memori adalah komponen yang penting di Handphone. Dengan kartu memori, kamu bisa menambah kapasitas penyimpanan di Handphone kalian yang biasanya cuma terbatas dan sedikit. Jadi, kamu bisa menyimpan berbagai file, baik foto, video, dokumen dan file-file berukuran besar lainnya bahkan menginstall berbagai program berukuran besar tanpa perlu khawatir kapasitas penyimpanan internal handphonemu kepenuhan.

Tapi, kadang kartu memori bisa juga mengalami masalah yang menyebabkan kerusakan. Kerusakan ini bisa membuat kalian mesti melakukan format di kartu memori sehingga semua data yang tersimpan di kartu memori bisa terhapus. Padahal mungkin saja yang ada di dalam kartu memori adalah file-file pentingmu.

Nah, untuk itu kali ini Bronice akan berbagi cara memperbaiki kartu memori yang rusak ataupun tidak terbaca tanpa memformat. Bisanya kartu memori yang rusak adalah berbentu atau jenis SD Card, jadi kami akan menjelaskan cara memperbaiki SD Card yang rusak ataupun tidak terbaca di HP dan PC / Komputer. Silahkan kalian simak berikut ini.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak

Cara memperbaiki kartu memori rusak tergantung dengan permasalahannya. Berikut beberapa cara memperbaiki kartu memori rusak.

1. Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Tanpa Format

Untuk memperbaiki kartu memori atau SD Card yang rusak tanpa format, kalian bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

– Bersihkan Kartu Memori atau SD Card

Membersihkan kartu memori atau SD Card, kalian cukup pakai penghapus pensil yang warnanya putih atau yang terang. Lalu gosoklah di bagian lempengan kuning kartu memori (seperti yang di lingkari merah di gambar bawah ini) secara perlahan sampai keliatan bersih dan mengkilap.

Bersihkan Kartu Memori SD Card

Sehabis dibersihkan, coba kalian colokkan lagi kartu memori kalian ke HP atau Komputer. Mungkin saja sudah bisa terbaca dan bisa digunakan lagi.

– Bersihkan Bad Sector

Untuk membersihkan Bad Sector pada kartu memori atau SD Card caranya cukup mudah. Pertama, kalian hubungkan dulu kartu memori yang rusak ke komputer atau laptop lewat card reader (jika tidak tau apa itu card reader, silahkan ke sini).

Setelah di colokan ke komputer, klik kanan di nama kartu memori yang terbaca pada Windows Explorer komputermu. Kamu pilih Properties > Tools > Check now.

Bersihkan Bad Sector

Kamu Beri centang di “Automatically fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sector“. Kalian klik tombol Start untuk memulai proses pembersihan bad sector di kartu memorinya. Tunggu sampai proses selesai.

– Gunakan Command Prompt

Cara memperbaiki kartu memori dengan CMD atau Command Prompt cukup mudah. Langkah pertama kalian buka Command Prompt untuk yang memakai Operating System Windows 7 ke atas, klik Start Menu > lalu di kolom search/pencarian ketiklah “CMD” (tanpa tanda petik) dan tekan enter. Untuk yang masih pakai OS Windows XP, klik Start, pilihlah Run, lalu ketiklah “cmd” (tanpa tanda petik) dan tekan enter. Nanti jendela CMD atau Command Prompt akan terbuka.

Gunakan CMD atau Command Prompt

Pada jendela CMD, ketiklah “chkdsk <huruf label drive kartu memori> : /f” (tanpa tanda petik ya), lalu tekanlah tombol Enter. Contohnya, ketik: “chkdsk h: /f” (h: adalah huruf label drive dari kartu memori SDnya). Tunggulah sampai Windows mendeteksi masalah yang ada di kartu memorimu. Kalau di layar komputermu muncul tulisan “Windows Has Made Corrections To The File System“, berarti kartu memorimu yang rusak sudah berhasil diperbaiki lewat CMD.

– Scan Pakai Antivirus

Untuk scanning virus di kartu memori SD Card, kalian bisa pakai berbagai jenis antivirus yang sudah diinstal di komputer. Bisa pakai antivirus Avira, Avast, Smadav, AVG, Kaspersky dan yang lainnya. Kalau sesudah scanning selesai, ternyata kartu memorimu ada virusnya, segera bersihkan atau delete virusnya. Baru setelah itu pasang lagi kartu memorinya ke handphonemu.

– Pulihkan Hidden File

Jika kamu merasa bahwa file di kartu memori atau SD Cardmu hilang atau tidak ada sementara kapasitas penyimpanan ada yang terpakai alias file kalian seperti disembunyikan, dan menganggapnya hal tersebut sebagai kartu memori yang rusak, itu bukan. Kalian cuma perlu membuka atau memulihkan file-file di kartu memori yang mungkin saja disembunyikan oleh virus ata malware. Cara memulihkan atau memunculkan file yang disembunyikan cukup mudah. Bisa kalian ikuti langkah-langkah yang ada di video bawah ini.

2. Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca

Untuk memperbaiki kartu memori atau SD Card yang tidak terbaca atau terdeteksi kalian bisa memakai cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, atau bisa juga pakai cara berikut ini.

– Periksa Slot Memori

Bisa jadi kartu memori yang tidak terbaca atau terdeteksi adalah karena slot kartu memorinya yang rusak atau bermasalah. Coba bersihkan dengan cotton bud atau penghapus pensil dulu, siapa tau tidak fungsi karena slot kotor. Atau bisa kalian cek slot nya dengan kaca pembesar, siapa tau ada lecet atau kerusakan yang lumayan. Kalau memang susah diperbaiki slotnya, pergi ke tukang servis.

Periksa Slot Memori

– Cek Kerusakan di Komputer

Kamu bisa melalukan pengecekan kartu memori yang tidak terbaca di Handphone apakah rusak ataukah masih bisa diperbaiki. Caranya, pertama colokkan handphonemu ke komputer atau laptop dengan memakai kabel data atau usb. Kalau kalian handphonenya Android, pastikanlah terhubung dengan mode Mass Storage Mode (MSC).

Kemudian buka Windows Explorer, lalu klik kanan di drive kartu memorimu dan klik kanan lalu pilih Properties. Pilih tab Tools, kemudian klik Check now di bagian Error Checking. Tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah selesai, cabut kabel data dari PC ke Handphonenya, dan cek apakah kartu memorinya sudah terbaca atau belum.

– Hapus via HP

Kalian bisa menghapus alias memformat kartu memori atau SD Card melalui Handphone. Caranya buka Setting, pilih Storage, cari dan pilihlah “Erase SD Card“. Tunggu sampai proses selesai, jika sudah selesai dan kartu memori sudah kosong, itu artinya kartu memori kalian telah berhasil diformat.

Hapus via HP

Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

3. Cara Memperbaiki Kartu Memori Jadi RAW Tanpa Kehilangan Data

Untuk memperbaiki kartu memori yang berubah jadi RAW tanpa kehilangan data lumayan mudah. Kalian harus memulihkan data kalian dulu, sebelum nantinya memformat kartu memori kalian agar bisa diganti ke format normal sebelumnya yaitu FAT32 ataupun NTFS. Kenapa harus dipulihkan? Karena biasanya kartu memori yang berubah jadi RAW, datanya tidak terbaca atau kapasitas memorinya ditampilkan sebagai 0 alias kosong. Berikut caranya:

  • Pertama kalian sambungkan kartu memori atau SD Card kalian ke komputer, bisa pakai Card Reader ataupun menyolokkan Handphone ke komputer lewat kabel usb.
  • Kemudian buka aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard di komputermu, jika belum punya bisa download di sini.
  • Setelah dibuka kamu pilih drive kartu memori atau SD Cardmu. Kemudian klik “Scan” untuk mulai menemukan data yang hilang pada kartu memorimu.
Scan Kartu Memori
  • Setelah proses pen-Scan-an, kamu bisa mengklik “Filter” untuk menemukan file yang diinginkan dengan cepat.
Filter File dari Kartu Memori
  • Kamu bisa memeriksa dan melihat pratinjau / preview file yang ditemukan dengan mengklik dua kali di masing-masing file. Kemudian klik Recover untuk menyimpan file-file di kartu memori yang ditemukan ke lokasi yang aman di komputermu untuk dipulihkan.
Recover File di Kartu Memori
  • Setelah memulihkan data dari kartu memori yang telah menjadi RAW, kamu sekarang bisa memformat kartu SD yang jadi RAW untuk diubah menjadi format FAT32, NTFS ataupun yang lainnya.
  • Masukkan kartu SD Cardmu ke komputer pakai Card Reader.
  • Buka Windows Explorer klik kanan pada “Computer” atau “My Computer” atau “This PC“, Pilih “Manage“, masuk atau pilih ke “Disk Management“.
  • Temukan dan klik kanan di drive kartu memorimu, pilih Format.
Format Kartu Memori
  • Klik “Yes” untuk melanjutkan, lalu atur atau set a new label alias buat label baru, file system – exFAT, FAT32 atau NTFS ke kartu memorinya. Pilih format yang kamu mau, kalo saya biasanya FAT32. Kemudian klik “OK” untuk mulai memformat kartu SDnya.
  • Setelah selesai, kamu bisa memindah file dari kartu memori yang sudah dipulihkan ke kartu memori yang sudah di format.

Jika dengan cara Format melalui Disk Management tidak berhasil, kalian bisa format memakai software, berikut caranya:

  • Kalian Buka EaseUS Partition Master yang merupakan software SD Card formatting tool alias untuk Format SD Card, bisa kalian download di sini.
  • Setelah aplikasi terbuka, klik kanan drive kartu memorimu yang ingin diformat dan pilih opsi “Format“.
Format di Easus Partition Master
  • Pada Partition Label-nya dibuat New Volume, lalu di File system kalian bisa pilih untuk diubah menjadi format NTFS, FAT32, EXT2, ataupun EXT3. Kalau saya pilih FAT32 yang umum. Lalu klik OK.
Pilih Format Partition
  • Nanti muncul jendela Warning, kalian klik “OK” untuk melanjutkan.
Jendela Warning
  • Klik “Execute Operation” pojok kiri atas untuk melihat perubahannya, lalu klik “Apply” untuk mulai memformat kartu memorimu.
Execute Operation
  • Selesaikan semua langkah di atas dan kamu akan berhasil memformat kartu memori dari format RAW ke FAT32. Selamat.

4. Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak dengan Format Tanpa Kehilangan Data

Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak dengan Format Tanpa Kehilangan Data kalian bisa lakukan cara yang sudah kami berikan sebelumnya yang memakai aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. Jadi sebelum kalian memformat kartu memori yang rusak, kalian bisa memulihkan atau recover data di kartu memori yang rusak baru setelahnya melakukan format.

Bisa juga dengan melakukan uninstall driver SD Card atau kartu memori kalian. Langkah seperti berikut ini.

  • Tekan tombol Windows (Win) dan tombol huruf X, lalu klik Device Manager.
  • Buka drive kartu memori, klik kanan di nama removable disk kartu memorimu, lalu klik Uninstall (seperti dalam gambar dibawah ini).
Uninstall Driver SD Card
  • Klik OK. Kemudian lepaskan koneksi kartu SD Cardmu dari komputer.
  • Kemudian Restart komputermu. Setelah nyala kembali, hubungkan kembali kartu memori SD Card ke komputer. Windows komputermu akan menginstal driver SD Card terbaru secara otomatis dan membuat kartu SD terdeteksi serta normal kembali.

Nah, itulah berbagai Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak yang bisa kalian coba untuk memperbaiki SD Card atau kartu memori kalian. Semoga bermanfaat. Kalau kalian punya cara lebih ampuh dari berbagai cara di atas atau ada kendala saat praktek cara di atas, bisa kalian tulis di kolom komentar bawah ini.

Bagaimana Cara Kembalikan file data di kartu memori?

Cara Kembalikan file data di kartu memori

Caranya mudah. Kalian bisa menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard di komputer untuk mengembalikan file data di kartu memori yang rusak, terhapus ataupun yang sudah diformat. Caranya seperti memulihkan data kartu memori yang ada di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *