Cara Memperbaiki Printer Bluetooth
Komputer, Printer, Teknologi

Cara Memperbaiki Printer Bluetooth

Kali ini Bronice akan membahas mengenai Cara Memperbaiki Printer Bluetooth dengan beberapa permasalahan yang biasa dihadapi oleh pengguna printer bluetooth dari mulai seperti printer tidak berfungsi yaitu tidak terbaca di Smartphone, kemudian tidak keluar tulisan ketika digunakan sampai dengan printer bluetooth yang mati total.

Buat yang belum mengerti apa itu Printer Bluetooth, Printer Bluetooth sendiri sebenarnya adalah Printer Thermal yang merupakan salah satu jenis printer dengan cara kerja thermal.

Maksudnya cara kerja thermal yaitu bagian kertas yang akan ditulis atau dicetak ada proses pemanasan sehingga membentuk tulisan hitam.

Printer Via Bluetooth

Printer ini mencetak tulisan dengan tanpa tinta, sehingga awet, hemat dan cepat. Biasanya juga digunakan untuk print kertas struk atau receipt pembayaran, kertas voucer dan sebagainya hanya lewat HP atau Smartphone yang tersambung dengan Printer lewat Bluetooth.

Kalau mau tahu cara setting Printer Bluetooth di HP, kamu bisa baca di artikel: Cara Pakai Printer Bluetooth di Android.

Tak mau panjang lebar, berikut Bronice bagikan beberapa permasalahan dari Printer Bluetooth dan cara mengatasinya dikutip dari Mahirkomputer.com.

Printer Bluetooth Tidak Terbaca Di HP / Smartphone

Berikut langkah-langkah Cara Memperbaiki Printer Bluetooth tidak terbaca di HP / Smartphone:

Cari di Google Playstore aplikasi “RawBT Driver”. Kemudian Install.

Setelah diinstall, buka aplikasinya, lalu pergi ke menu Setting.

Setting RawBT Driver

Klik tombol pencarian (seperti kaca pembesar, lihat gambar di atas)

Nanti akan muncul berbagai perangkat atau printer yang bisa disambungkan, seperti dalam gambar di bawah ini. Pilih printer mana yang mau disambungkan.

Printer Bluetooth Yang Tersambung

Setelah dipilih, pergi ke menu Demo Print, untuk mengecek sudah terkoneksi dan bisa mencetak ataukah belum. Pilih salah satu tulisan untuk mencoba ngeprint.

Menu Demo Print

Saat mau ngeprint biasanya kamu akan diminta memasukan PIN atau password Bleutooth, masukan saja 1234 atau kalau gak masukan 0000 , pilih PIN / Password mana yang yang berhasil tersambung. Jika berhasil, printer akan mulai mengerprint. Berikut di bawah ini test pakai aplikasi lain mengeprint seperti ini hasilnya 100% lancar.

Sukses Demo Print

Jika sudah mengeprint / mencetak artinya Printer sudah terkoneksi dengan HP / Smartphonemu dan bisa digunakan.

Printer Bluetooth Tidak Keluar Tulisan

Berikut Tips Cara Memperbaiki Printer Bluetooth yang tidak keluar tulisannya:

Pertama, coba kalian cek kabel port-nya apakah sudah benar ataukah ternyata salah colok. Kebanyakan rata-rata karena sering utak atik jadi salah colok port usb dimana.

Kedua, cobalah cek kertas roll-nya siapa tau terbalik. Karena dalam beberapa kasus banyak orang yang ternyata memakai kertas roll-nya terbalik.

Ketiga, coba kalian bersihkan printernya dari debu khususnya di daerah catridge, biasanya kalau ada debu kecil atau partikel kecil lain di dalamnya bisa menjadikan hantaran panas tidak sempurna sehingga saat ngeprint tidak bekerja dengan baik untuk mencetak tulisannya.

Baterai Printer Rusak

Baterai Printer Bluetooth kamu rusak? Gak usah panik. Berikut Cara Memperbaiki Printer Bluetooth yang baterainya rusak:

Caranya sangat mudah, jika kamu punya uang lebih bisa beli baterai yang baru, harganya kisaran Rp. 115,000 sampai Rp. 175,000.

Tetapi jika mau irit dan mau merakit sendiri, pakai saja baterai Nokia BL4C 2 buah, cari saja yang bajakan harganya biasanya murah sekitar Rp. 15,000.

Setelah dapat baterainya, tinggal kamu rakit saja seperti dalam gambar di bawah ini:

Merakit Baterai Rusak Printer Bluetooth

Kalau panel hijau / Papan PCB atau komponen-komponen pada gambar di atas itu diambil dari bekas baterai printer yang rusak. Cara nyambungnya mudah kok bisa pake solder atau diisolasi / lakban saja. Tinggal sambungkan jamper saja + ke – lalu kabel warna merah ke + warna hitam ke – , lalu warna putih ke sambungan jamper yang pertama masuk ke – .

Coba perhatikan saja gambar diatas pasti kalian akan paham, atau perhatikan pada susunan kabel di baterai bawaannya, kalian samakan saja.

Hasilnya nanti akan seperti di bawah ini:

Hasil Rakitan Baterai Rusak

Cukup pasangkan lagi box baterai bawaan printernya seperti dalam gambar, sudah kelihatan seperti aslinya kan. Tinggal dipasang ke printernya.

Kalau mau yang kualitas bagus tinggal pakai baterai Nokia BL4C yang ORI / mahal biasanya harganya Rp. 35,000 sampai Rp. 50,000-an. Kalau dalam contoh pakai yang termurah saja, tetapi harus dicolokin terus charge-nya.

Printer Bluetooth Failed

Apakah kalian mengalami Printer Bluetooth Failed saat mau ngeprint, berikut Cara Memperbaiki Printer Bluetooth yang Failed saat mau ngeprint:

Printer Failed

Langkahnya, buka koneksi bluetooth HP / Smartphone kalian, putuskan / pisahkan dulu sambungan bluetooth HP kalian dengan printer bluetoothnya.

Putuskan Koneksi Bluetooth Printer

Setelah terputus koneksi bluetooth antara HP dengan Printer Bluetoothnya, restart HP kalian, setelah restart, sambungkan / koneksikan kembali Printer Bluetooth dengan HP kalian melalui koneksi Bluetooth. Silahkan coba untuk ngeprint kembali.

Jika masih failed dan tidak bisa ngeprint, coba cara seperti dalam tips No.1 di artikel ini yang menggunakan aplikasi RawBT Driver untuk mengkoneksikan Printer Bluetooth dengan HP / Smartphone kalian.

Lampu Tidak Menyala atau Mati

Lampu Printer Tidak Menyala

Ini sebenernya menunjukkan bahwa printer tidak menerima daya. Berikut Cara Memperbaiki Printer Bluetooth yang lampunya tidak menyala atau mati:

Biarkan sakelar daya printer ON atau menyala untuk memastikan printer tidak dimatikan.

Coba cabut kabel daya dari printer, lalu pasang kembali dengan hati-hati.

Coba cabut juga printer dari stopkontak dan sambungkan ke stopkontak yang berbeda.

Pastikanlah kalau kabel tersambul ke termilah colokan yang kamu tahu kalau itu berfungsi.

Mengalami Mati Total

Jika Printer Bluetooth kalian mengalami mati total kalian bisa ikuti langkah berikut Cara Memperbaiki Printer Bluetooth yang mati total:

Printer Bluetooth yang mati total biasanya terdapat komponen yang ternyata sudah terbakar. Komponen tersebut biasanya adalah sebuah IC kontroler Charging dan sebuah komponen elco tantalum yang berfungsi sebagai filter pada tegangan masuk adaptor charger.

Jika dicek secara manual tegangannya dengan cara menghubungkan printer ke adaptor atau chargernya kemudian diukur tegangan pada mainbordnya pakai AVO meter, akan ditemukan kalau ternyata tegangannya menjadi drop. Tegangan drop kemungkinan karena terjadi hubungan singkat pada IC atau kapasitor yang terbakar.

Tegangan Printer Drop di Cek AVO Meter

Nah untuk adaptor chargenya sendiri biasanya tidak bermasalah, tegangan akan stabil. Karena tegangan adaptor stabil artinya keruskan bukan disebabkan oleh adaptor chargernya.

Bisa disimpulkan terbakarnya komponen seperti IC kontroler tadi karena printer dioperasikan menggunakan adaptor charger secara terus menerus selama saat digunakan atau dicharge terus-menerus. Sehingga mengalami over charging dan menyebabkan IC kontrolernya terbakar.

Nah SOLUSINYA, karena untuk perbaikan akan mengalami kendala mengingat komponen IC penggantinya lumayan langka karena harus dipesan dari luar negeri.

Namun kita bisa coba langkah terakhir untuk menguji apakah devicenya bisa diperbaiki lagi atau tidak dengan melakukan proses pencabutan IC dan kapasitor yang mengalami kerusakan.

Setelah IC dan kapasitornya dilepas, kita coba hidupkan printer dengan baterai dari device lain yang masih bagus. Hasilnya printer bluetooth masih bisa digunakan dengan normal.

Printer Normal Kembali

Kenapa kami sampaikan dulu panjang lebar penyebab mati total atau terbakarnya komponen Printer Bluetooth nya? Itu sebagai pelajaran agar dikemudian hari tidak melakukan over charging atau menggunakan adaptor charger secara terus menerus selama saat digunakan alias dicharge terus-menerus.

Jika cara pengecekan mati total printer ini ternyata berbeda penyebabnya, kalian bisa mencoba cara memperbaiki printer bluetooth yang mati total dari video di youtube di bawah ini:

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan pada artikel kali ini. Semoga 6 Cara Memperbaiki Printer Bluetooth Secara SINGKAT ini bisa bermanfaat dan jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan atau share artikel ini ke orang lain agar mendapat manfaatnya juga.

Bagaimana Cara Memperbaiki Printer Bluetooth Error

Cara Memperbaiki Printer Bluetooth Error

Cara Memperbaiki Printer Bluetooth yang error atau mati total di laptop atau PC sangat mudah, kalian hanya perlu langkah berikut ini:
1. Pertama, bongkar dulu Printer Bluetooth kalian.
2. Kemudian cek baterai printer bluetooth.
3. Jika baterai error, ganti dengan baterai yang murah.
4. Masukan baterai baru ke Printer.
5. Jika printer nyala dan berfungsi berarti berhasil diperbaiki.
6. Kalau tidak berhasil, gunakan cara lain yang ada di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *