Cara Download Status WhatsApp
Android, Aplikasi, Tutorial

Cara Download Status di WhatsApp

Cara Download Status WhatsApp – Sejak konsep berbagi cerita di WhatsApp muncul, popularitas aplikasi berbagi status atau story telah berkembang lebih jauh. Seperti sudah jadi tugas wajib untuk mengunggah video dan foto di “WhatsApp Status” seperti yang kita lakukan juga di Instagram Stories.

Meskipun fitur Whatsapp Status sudah ada sejak tahun 2017, tapi masih belum banyak yang tahu cara download status WhatsApp. Karena itu, Bronice di sini akan berbagi pada kalian cara download status WhatsApp yang sangat gampang banget, jadi kalian bisa lihat status hasil downloadnya kapan pun kamu mau.

Bagaimana Cara Download Status di Whatsapp?

Ada beberapa cara sederhana untuk mengunduh gambar dan video dari status WhatsApp. Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut caranya.

Cara Download Status WhatsApp di Android

1. Menggunakan Aplikasi File Manager

Cara pertama adalah menggunakan File Manager atau aplikasi Files yang sebagian besar ada di smartphone Android kalian. Langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, lihat Status WhatsApp yang ingin kamu simpan ke galeri HP.
  • Setelah itu, buka aplikasi File / File Manager dan pilih opsi Setting/Pengaturan.
Buka File Manager
Buka File Manager
  • Buka bagian Setting.
Buka Setting
Buka Setting
  • Di Setting ada opsi “Show hidden files“. Kalian aktifkan opsi ini
Aktifkan Show hidden files
Aktifkan Show hidden files
  • Setelah itu, kalian masuk ke opsi Internal Storage/penyimpanan internal.
Masuk ke Internal Storage
Masuk ke Internal Storage
  • Kemudian pilihlah WhatsApp.
Pilih WhatsApp
Pilih WhatsApp
  • Buka bagian Media.
Buka Media
Buka Media
  • Kemudian pilihlah opsi “.Statuses” ataupun “.Status
Pilih .Statuses
Pilih .Statuses
  • Kalian akan melihat berbagai file foto maupun video status WhatsApp yang tersimpan di situ. Silahkan kalian simpan atau pindah filenya ke folder penyimpanan di HP kalian yang lain.
Simpan File Status
Simpan File Status

Perlu diingat: Karena sifat dari Status WhatsApp yang cepat hilang, semua media dalam folder file tersembunyi “.Statuses” juga akan hilang setelah 24 jam dari pertama kali status WhatsApp terpajang. Kamu harus segera memindah atau mengunduhnya ke galeri kamu agar tidak keburu hilang medianya.

2. Menggunakan Aplikasi Status Saver

Cara alternatif untuk menyimpan video dan foto status di WhatsApp adalah dengan menggunakan aplikasi penyimpan status. Ada beberapa aplikasi penyimpan status contohnya Status Saver – yang merupakan salah satu aplikasi download status WhatsApp yang populer. Ini bisa membantumu dengan mudah untuk menyimpan video dan foto dari status WhatsApp ke HP kalian hanya dalam beberapa langkah saja. Berikut caranya:

  • Pertama kalian unduh dan install dulu aplikasi Status Saver dari Google Play Store.
Install Status Saver
Install Status Saver
  • Buka Aplikasi Status Saver di HP kalian.
Buka Status Saver
Buka Status Saver
  • Silahkan kalian pilih file status yang mau kalian simpan.
Pilih Status
Pilih Status
  • Setelah di pilih, kalian klik tombol simpan seperti di gambar bawah ini.
Pilih Simpan
Pilih Simpan
  • Status sudah tersimpan di HP kalian.

3. Cukup Screenshot Layar!

Cara menyimpan status WhatsApp sangat mudah untuk status yang hanya foto atau gambar, kalian cukup screenshot saja layar HP kalian. Namun tiap handphone berbeda-beda cara screenshot layarnya, berikut salah satu cara screenshot layar untuk menyimpan status WhatsApp:

  • Buka status WhatsApp yang ingin kalian simpan.
  • Kalian tekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan.
  • Tahanlah selama beberapa detik sampai muncuk suara klik ataupun getaran.
  • Screenshot status WhatsApp telah berhasil dan tinggal kalian lihat pada folder Screenshot di Galeri HP kalian.
Cara Screenshot Layar Handphone
Cara Screenshot Layar Handphone

Catatan: Kadang ada juga Smartphone atau HP android yang cara screenshotnya adalah dengan menekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Ada juga yang dengan menekan tombol volume atas dan tombol power secara bersamaan.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di Android dan iOS

Cara Download Status WhatsApp di iPhone

Sayangnya, untuk pengguna iPhone hanya punya satu pilihan cara untuk download Status WhatsApp ke iPhone mereka. Cara itu adalah dengan screenshot layar baik memakai screenshot dari fitur iPhonenya sendiri maupun pakai aplikasi screenshot layar.

Untuk menyimpan gambar Status WhatsApp di iPhone, kamu hanya perlu mengambil screenshot layar yang sangat mudah dilakukan. Sehabis itu, kamu juga bisa mengedit gambar sesuai keinginan.

Sedangkan untuk download Status WhatsApp yang berupa video di iOS atau iPhone, kamu cuma perlu merekam video. Untuk melakukan ini, kalian harus mengaktifkan fitur ‘screen recording’ atau perekaman layar dari Control Center, lalu buka WhatsApp, dan rekam video Status WhatsApp yang diinginkan. Selain itu juga kamu bisa mengedit video yang direkam tadi sesuai keinginan.

Kalau opsi perekaman layar tidak ada di Control Center iPhonemu, kamu harus menambahkannya dengan mengetuk opsi Control Center di Setting iPhonemu dan pilih opsi “Customize Controls“, seperti di gambar bawah ini.

Cara Screen Recording di iPhone
Cara Screen Recording di iPhone

Kami harap cara download status Whatsapp di atas bisa membantu kalian menyimpan foto dan video dari WhatsApp Status dengan mudah. Tapi perlu diingat, jangan sampai berlebihan dan mengganggu privasi seseorang di Whatsapp.

Ohiya jika kalian ingin menginstall WhatsApp di PC atau laptop, kalian bisa baca: Cara Install WhatsApp di PC. Dan jika kalian ada kendala saat praktek cara download status WhatsApp di atas atau punya cara yang lebih mudah, silahkan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *